Kamis, 11 Juni 2015

Human Life Domains 2: Education, Health, and Environment

1.   Pendidikan

Gambar 1. Pendidikan
  • perspektif sosiologis Pendidikan
  • Sekolah sebagai Organisasi Formal
  • Kebijakan Sosial dan Pendidikan

1.1 Perspektif sosiologis Pendidikan

1.1.1 Pandangan Fungsionalis
         Fungsi Manifest meliputi:
  • Transmisi pengetahuan
  • Penganugerahan status
  • Fungsi laten meliputi:
  • Transmisi budaya: Mengekspos orang muda untuk kepercayaan yang ada, norma, dan nilai-nilai budaya mereka
  • Mempromosikan integrasi sosial dan politik:Identitas umum dan integrasi sosial dipupuk oleh pendidikan berkontribusi pada stabilitas sosial dan consensus
  • Mempertahankan kontrol sosial: Sekolah mengajar siswa ketepatan waktu, disiplin, penjadwalan, dan kebiasaan kerja yang bertanggung jawab, dan bagaimana untuk bernegosiasi melalui organisasi birokrasi
  • Melayani sebagai agen perubahan: Sekolah berfungsi sebagai tempat pertemuan di mana orang dapat berbagi keyakinan khas dan tradisi

1.1.2 Pandangan Konflik
         Pendidikan merupakan instrumen dominasi elit. Sekolah bersosialisasi siswa menjadi nilai ditentukan oleh kuat
  • Kurikulum Tersembunyi: Standar perilaku yang dianggap tepat oleh masyarakat diajarkan halus di sekolah
  • Kredensialisme: Peningkatan tingkat terendah pendidikan yang dibutuhkan untuk memasuki lapangan
  • Penganugerahan Status: Sekolah cenderung melestarikan kesenjangan kelas sosial di setiap generasi baru. Sekolah dapat memperkuat perbedaan kelas dengan menempatkan siswa di track.
  • Korespondensi Prinsip: sekolah mempromosikan nilai-nilai yang diharapkan dari individu di setiap kelas sosial dan mengabadikan pembagian kelas sosial dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Treatment Perempuan dalam Pendidikan: Sistem pendidikan AS lama yang ditandai dengan perlakuan diskriminatif perempuan. Pada abad ke-20, seksisme dalam pendidikan meliputi              - Stereotip dalam buku teks                                                                                                              -Tekanan pada wanita untuk belajar mata pelajaran tradisional perempua                                    -Dana yang tidak sama untuk laki-laki dan program atletik perempuan                                        -Bias kerja untuk administrator dan guru
1.1.3 Pandangan Interaksionis
          Pelabelan dan self-fulfilling nubuat menyarankan jika kita memperlakukan orang dengan cara tertentu, mereka dapat memenuhi harapan Anda.
Guru-Harapan Efek: dampak harapan guru dan peran besar mereka pada prestasi siswa

1.2   Sekolah sebagai Organisasi Formal

1.2.1 Birokratisasi Sekolah
Weber mencatat lima karakteristik birokrasi:
  • Pembagian kerja
  • Hirarki kewenangan
  • Aturan dan peraturan ditulis
  • Impersonality
  • Pekerjaan berdasarkan kualifikasi teknis

1.2.2 Guru: Karyawan dan Instruktur
          Tugas-tugas akademik guru telah menjadi lebih khusus, masih harus mengontrol tatanan sosial. 20% guru baru berhenti dalam waktu 3 tahun. Sedikit siswa memilih mengajar sebagai karir karena dianggap berpenghasilan rendah.

1.2.3 Homeschooling
Lebih dari 1,6 juta anak-anak belajar di rumah.Homescholling:
  • Alternatif yang baik untuk anak-anak dengan ADHD dan LD
  • Tidak memiliki standar seragam yang universal dari negara ke negara
  • Penelitian menunjukkan anak-anak belajar di rumah skor lebih tinggi pada tes standar
  • Beberapa teori menyebutkan kurangnya keterlibatan sosial sebagai masalah dengan home schooling


1.3 Kebijakan Sosial dan Pendidikan
Tidak ada anak yang ditinggalkan dibalik program
Masalah: Pada tahun 2001, No Child Left Behind (NCLB) disahkan oleh Kongres Pada pertengahan tahun 2005, Utah mengancam untuk memilih kami 37 negara-negara lain menuntut perubahan besar Setting: Sekolah dijalankan secara lokal dan keuangan dengan beberapa bantuan federal dan negara
1990 menetapkan standar pendidikan nasional Pada pertengahan tahun 2005, Utah mengancam untuk memilih kami 37 negara-negara lain menuntut perubahan besar Amerika bersikeras mereka membutuhkan dana lebih federal yang Kebijakan sosiologis:
  • Validitas: sejauh mana skala atau mengukur benar-benar mencerminkan fenomena yang diteliti
  • Reliabilitas: sejauh mana suatu ukuran memberikan hasil yang konsisten
  • Reliabilitas dan validitas tes merupakan isu utama dalam kontroversi NCLB
  • Inisiatif kebijakan: Reformis pendidikan belum menemukan solusi yang cocok untuk semua sekolah di semua negara
  • Banyak pendidik melihat NCLB sebagai harapan terbaik mereka

2.  Kesehatan 

Gambar 2. Kesehatan 

  • Perspektif sosiologis tentang Kesehatan dan Penyakit
  • Epidemiologi dan Kesehatan Sosial
  • Perawatan Kesehatan di Amerika Serikat
  • Penyakit Mental di Amerika Serikat
  • Perspektif sosiologis tentang Lingkungan
  • Masalah lingkungan
  • Kebijakan Sosial dan Lingkungan: Environmentalisme


2.1 Perspektif sosiologis: Kesehatan dan Penyakit
      Kesehatan: "Negara fisik, mental, dan kesejahteraan sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan??" (Leavell dan Clark 1965: 14). Kesehatan dibangun secara sosial,? Dan kita bisa melihatnya dalam konteks sosial

2.2 Pendekatan Fungsionalis
       "Menjadi sakit" harus dikontrol sehingga? Yang tidak terlalu banyak orang yang dibebaskan dari tanggung jawab sosial mereka Peran sakit: harapan Masyarakat tentang sikap dan perilaku seseorang dipandang sebagai sakit Dokter berfungsi sebagai "Penjaga gerbang" untuk peran sakit
                  
2.3 Pendekatan Konflik
  • Medikalisasi masyarakat: Tumbuh peran obat sebagai lembaga utama kontrol sosial Sangat memperluas Domain keahlian Masalah dilihat menggunakan model medis Mempertahankan yurisdiksi lebih perawatan kesehatan
  • Ketidaksetaraan dalam Perawatan Kesehatan
  • Kesenjangan mencolok ada di pelayanan kesehatan
  • Menguras Otak: Imigrasi ke Amerika Serikat dan negara industri lainnya dari pekerja terampil, profesional, dan teknisi
  • Perbedaan dramatis dalam tingkat moralitas bayi: jumlah kematian bayi di bawah 1 tahun per 1.000 kelahiran hidup di tahun setiap

2.4 Pendekatan Interaksionis
      Mempelajari peran yang dimainkan oleh Profesional kesehatan dan pasien. Menegaskan pasien mungkin memainkan peran aktif dalam kesehatan yang positif atau negatif.

2.5 Pendekatan Labelling
      Sebutan sehat dan sakit umumnya melibatkan definisi sosial. Homoseksualitas dicatat medis sebagai contoh pelabelan dan dapat melihat berbagai pengalaman hidup sebagai penyakit atau tidak.

2.6 Epidemiologi Sosial dan Kesehata
  •  Epidemiologi sosial: Studi distribusi penyakit, gangguan, dan status kesehatan umum di    seluruh populasi
  • Insiden: Jumlah kasus baru gangguan spesifik yang terjadi di dalam populasi tertentu selama periode waktu yang dinyatakan, biasanya satu tahun
  •  Prevalensi: Jumlah kasus gangguan tertentu yang ada pada waktu tertentu
  • Morbiditas: insiden penyakit angka disajikan sebagai tingkat atau jumlah laporan per 100.000 orang
  • Tingkat kematian: Insiden kematian pada populasi tertentu

2.7 Kelas Sosial
      Orang-orang di kelas bawah memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kematian dan kecacatan:
  • Tampak kumulatif
  • Kurang mampu membayar perawatan medis yang berkualitas
  • Hubungan antara kesehatan dan mobilitas ekonomi

2.8 Ras dan Etnis
      Profil kesehatan kelompok ras dan etnis mencerminkan ketimpangan sosial di AS:
Miskin ekonomi dan kondisi lingkungan diwujudkan dalam morbiditas dan mortalitas yang tinggi.
Afrika Amerika memiliki tingkat kematian lebih tinggi Meksiko Amerika mungkin menggunakan curanderismo (bentuk pelayanan kesehatan holistik dan penyembuhan).

2.9 Gender
       Wanita mengalami prevalensi lebih tinggi dari banyak penyakit, tetapi cenderung hidup lebih lama:
  • Tingkat yang lebih rendah dari merokok
  • Konsumsi alkohol lebih rendah
  • Tingkat yang lebih rendah dari pekerjaan di pekerjaan yang berbahaya
  • Wanita lebih mungkin untuk mencari pengobatan

2.10 Usia
        Kebanyakan orang tua di AS memiliki setidaknya satu penyakit kronis. Orang tua rentan terhadap jenis masalah kesehatan mental tertentu. Orang tua menggunakan lebih banyak layanan kesehatan daripada orang yang lebih muda.

2.11 Penelitian Hari ini

2.11.1 The AIDS Epidemic
            Apakah orang yang anda kenal mengambil beberapa risiko seksual karena bahaya terinfeksi virus AIDS? Jika tidak, mengapa tidak? Selain alasan kemanusiaan jelas, mengapa AS membantu negara-negara dalam memerangi AIDS?

2.11.2 Medis Apartheid
           Apakah Anda tahu siapa saja yang telah mengalami sengaja inferior atau perawatan medis tidak etis? Faktor-faktor apa yang terlibat? Apa, selain rasisme, mungkin untuk menjelaskan perilaku dokter? Yang setuju untuk berpartisipasi dalam percobaan yang melanggar sumpah profesional mereka?

2.12 Perawatan Kesehatan Di Amerika Serikat
        Biaya kesehatan telah meroket. Pada tahun 2000, jumlah yang dibelanjakan untuk perawatan kesehatan yang sama dari yang dihabiskan untuk pendidikan, pertahanan, penjara, subsidi pertanian, kupon makanan, dan bantuan asing dikombinasikan.

2.13 Pandangan Sejarah
        "Popular Health Movement" Dari tahun 1830-an dan 1840-an. AMA otoritas dilembagakan melalui program pendidikan dan perizinan. Dengan 1920, dokter dikendalikan teknologi rumah sakit, pembagian kerja dari tenaga kesehatan, dan profesi kesehatan lainnya.

2.14 Dokter, Perawat, dan Pasien
        Dokter memiliki posisi dominan dengan pasien dan perawat:
  • Menghasilkan memanusiakan pertemuan dokter-pasien
  • Publisitas tentang malpraktek dan biaya medis yang tinggi hubungan lebih tegang
  • Interaksi dikontrol dengan perawat
  • Semakin, pasien beralih ke media informasi kesehatan


2.15 Alternatif Untuk Kesehatan Tradisional
        Setidaknya satu dari tiga orang dewasa di A.S berusaha untuk mempertahankan baik kesehatan atau menanggapi penyakit melalui teknik perawatan kesehatan alternatif.
  • Pengobatan holistik: Terapi di mana praktisi kesehatan menganggap karakteristik fisik, mental, emosional, dan spiritual seseorang.


3.  Lingkungan 

Gambar 3. Lingkungan 


3.1 Perspektif Sosiologis Tentang Lingkungan
      Lingkungan tempat tinggal orang yang memiliki efek yang nyata pada kesehatan mereka; peningkatan populasi, bersama-sama dengan pembangunan ekonomi, memiliki konsekuensi lingkungan yang serius.

3.2 Ekologi Manusia
      Ekologi manusia: hubungan timbal balik antara manusia dan pengaturan tata ruang dan lingkungan fisik. Menekankan trade-off yang melekat dalam setiap keputusan yang mengubah lingkungan Pembuat kebijakan pemerintah dan lingkungan harus menentukan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan mendesak manusia 'sambil menjaga lingkungan

3.3 Pandangan Konflik dari Lingkungan
      Sumber dari negara-negara berkembang didistribusikan ke negara-negara inti industri
  • Modernisasi ekologi: Penyelarasan praktek menguntungkan lingkungan dengan ekonomi kepentingan melalui adaptasi konstan dan restrukturisasi
  • Keadilan lingkungan: klaim hukum yang minoritas ras yang tidak proporsional terkena bahaya lingkungan


3.4 Masalah lingkungan
      Tiga bidang perhatian:
  • Polusi udara
  • Polusi air
  • Pemanasan Global

3.5 Sosiologi di Komunitas Global
      Kejatuhan Misterius dari Nacirema:
  • Apakah Anda pernah mengunjungi budaya asing dan dilanda sesuatu yang tampaknya aneh bagi anda, tetapi sangat normal untuk orang lain?
  • Jika kita bisa melangkah mundur dan mengambil objektif melihat apa yang kita lakukan dengan lingkungan, akankah perubahan masyarakat kita menjadi lebih baik?


3.6 Dampak Globalisasi
      Globalisasi bisa baik dan buruk bagi lingkungan:
  • Industrialisasi meningkatnya polusi
  • Perusahaan multinasional memiliki insentif untuk hati-hati mempertimbangkan biaya sumber daya alam
  • Pengungsi lingkungan adalah salah satu refleksi dari interaksi antara globalisasi dan lingkungan


3.7 Environmentalisme
      Melihat Isu:
  • 1970: 25 juta orang ternyata mengamati pertama Hari Bumi?
  • Warga berbaris atas nama penyebab lingkungan tertentu
  • Kongres mendirikan EPA
  • Udara bersih, air bersih, dan spesies Endangeredbertindak diikuti
  • Hari Bumi sekarang berada di kalender Dewan kota, kebun binatang, dan museum di seluruh dunia
  • Meningkatkan upaya untuk mempublikasikan kekhawatiran beralih ke Internet
  • Masyarakat umum telah dicampur reaksi terhadap isu lingkungan
  • Organisasi lingkungan terbesar menjadi semakin birokrasi


      Penerapan Sosiologi:
  • Permasalahan yang paling kuat lingkungan organisasi didominasi putih, didominasi laki-laki, dan makmur
  • Perspektif konflik: organisasi besar menerima dana dari perusahaan-perusahaan yang kuat termasuk perusahaan minyak dan kimia
  • Gerakan lingkungan terangsang resistensi

      Inisiatif Kebijakan:
  • Kemerosotan ekonomi tahun 2008 berkat pencampuran
  • Berkurangnya penggunaan bahan bakar fosil
  • Dana yang ditetapkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan green-collar
  • Environmentalisme pindah ke tahap yang lebih besar
sumber:
Binusmaya Pertemuan ke – 9. (13-14 May 2015) GSLC.Human Life Domains 2: Education, Health, and Environment. Copyright 2002 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar