1. Pendidikan
Gambar 1. Pendidikan
- perspektif sosiologis Pendidikan
- Sekolah sebagai Organisasi Formal
- Kebijakan Sosial dan Pendidikan
1.1 Perspektif
sosiologis Pendidikan
1.1.1 Pandangan Fungsionalis
Fungsi Manifest meliputi:
- Transmisi pengetahuan
- Penganugerahan status
- Fungsi laten meliputi:
- Transmisi budaya: Mengekspos orang muda untuk kepercayaan yang ada, norma, dan nilai-nilai budaya mereka
- Mempromosikan integrasi sosial dan politik:Identitas umum dan integrasi sosial dipupuk oleh pendidikan berkontribusi pada stabilitas sosial dan consensus
- Mempertahankan kontrol sosial: Sekolah mengajar siswa ketepatan waktu, disiplin, penjadwalan, dan kebiasaan kerja yang bertanggung jawab, dan bagaimana untuk bernegosiasi melalui organisasi birokrasi
- Melayani sebagai agen perubahan: Sekolah berfungsi sebagai tempat pertemuan di mana orang dapat berbagi keyakinan khas dan tradisi
1.1.2 Pandangan Konflik
Pendidikan merupakan instrumen dominasi elit. Sekolah
bersosialisasi siswa menjadi nilai ditentukan oleh kuat
- Kurikulum Tersembunyi: Standar perilaku yang dianggap tepat oleh masyarakat diajarkan halus di sekolah
- Kredensialisme: Peningkatan tingkat terendah pendidikan yang dibutuhkan untuk memasuki lapangan
- Penganugerahan Status: Sekolah cenderung melestarikan kesenjangan kelas sosial di setiap generasi baru. Sekolah dapat memperkuat perbedaan kelas dengan menempatkan siswa di track.
- Korespondensi Prinsip: sekolah mempromosikan nilai-nilai yang diharapkan dari individu di setiap kelas sosial dan mengabadikan pembagian kelas sosial dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Treatment Perempuan dalam Pendidikan: Sistem pendidikan AS lama yang ditandai dengan perlakuan diskriminatif perempuan. Pada abad ke-20, seksisme dalam pendidikan meliputi - Stereotip dalam buku teks -Tekanan pada wanita untuk belajar mata pelajaran tradisional perempua -Dana yang tidak sama untuk laki-laki dan program atletik perempuan -Bias kerja untuk administrator dan guru
1.1.3 Pandangan Interaksionis
Pelabelan dan self-fulfilling nubuat menyarankan jika kita
memperlakukan orang dengan cara tertentu, mereka dapat memenuhi harapan Anda.
Guru-Harapan Efek: dampak harapan guru dan peran besar
mereka pada prestasi siswa
1.2 Sekolah
sebagai Organisasi Formal
1.2.1 Birokratisasi Sekolah
Weber mencatat lima karakteristik birokrasi:
- Pembagian kerja
- Hirarki kewenangan
- Aturan dan peraturan ditulis
- Impersonality
- Pekerjaan berdasarkan kualifikasi teknis
1.2.2 Guru: Karyawan dan Instruktur
Tugas-tugas akademik guru telah menjadi lebih khusus, masih
harus mengontrol tatanan sosial. 20% guru baru berhenti dalam waktu 3 tahun.
Sedikit siswa memilih mengajar sebagai karir karena dianggap berpenghasilan
rendah.
1.2.3 Homeschooling
Lebih dari 1,6 juta anak-anak belajar di rumah.Homescholling:
- Alternatif yang baik untuk anak-anak dengan ADHD dan LD
- Tidak memiliki standar seragam yang universal dari negara ke negara
- Penelitian menunjukkan anak-anak belajar di rumah skor lebih tinggi pada tes standar
- Beberapa teori menyebutkan kurangnya keterlibatan sosial sebagai masalah dengan home schooling
1.3 Kebijakan
Sosial dan Pendidikan
Tidak ada anak yang ditinggalkan dibalik program
Masalah: Pada tahun 2001, No Child Left Behind (NCLB) disahkan oleh
Kongres Pada pertengahan tahun 2005, Utah mengancam untuk memilih
kami 37 negara-negara lain menuntut perubahan besar Setting: Sekolah dijalankan secara lokal dan keuangan dengan beberapa
bantuan federal dan negara
1990 menetapkan standar pendidikan nasional Pada pertengahan tahun 2005, Utah mengancam untuk memilih
kami 37 negara-negara lain menuntut perubahan besar Amerika bersikeras mereka membutuhkan dana lebih federal
yang Kebijakan sosiologis:
- Validitas: sejauh mana skala atau mengukur benar-benar mencerminkan fenomena yang diteliti
- Reliabilitas: sejauh mana suatu ukuran memberikan hasil yang konsisten
- Reliabilitas dan validitas tes merupakan isu utama dalam kontroversi NCLB
- Inisiatif kebijakan: Reformis pendidikan belum menemukan solusi yang cocok untuk semua sekolah di semua negara
- Banyak pendidik melihat NCLB sebagai harapan terbaik mereka
2. Kesehatan
Gambar 2. Kesehatan
- Perspektif sosiologis tentang Kesehatan dan Penyakit
- Epidemiologi dan Kesehatan Sosial
- Perawatan Kesehatan di Amerika Serikat
- Penyakit Mental di Amerika Serikat
- Perspektif sosiologis tentang Lingkungan
- Masalah lingkungan
- Kebijakan Sosial dan Lingkungan: Environmentalisme
2.1 Perspektif sosiologis: Kesehatan dan Penyakit
Kesehatan: "Negara fisik, mental, dan kesejahteraan
sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan??" (Leavell
dan Clark 1965: 14). Kesehatan dibangun secara sosial,? Dan kita bisa melihatnya
dalam konteks sosial
2.2 Pendekatan Fungsionalis
"Menjadi sakit" harus dikontrol sehingga? Yang
tidak terlalu banyak orang yang dibebaskan dari tanggung jawab sosial mereka Peran sakit: harapan Masyarakat tentang sikap dan
perilaku seseorang dipandang sebagai sakit Dokter berfungsi sebagai "Penjaga gerbang" untuk
peran
sakit
2.3 Pendekatan Konflik
- Medikalisasi masyarakat: Tumbuh peran obat sebagai lembaga utama kontrol sosial Sangat memperluas Domain keahlian Masalah dilihat menggunakan model medis Mempertahankan yurisdiksi lebih perawatan kesehatan
- Ketidaksetaraan dalam Perawatan Kesehatan
- Kesenjangan mencolok ada di pelayanan kesehatan
- Menguras Otak: Imigrasi ke Amerika Serikat dan negara industri lainnya dari pekerja terampil, profesional, dan teknisi
- Perbedaan dramatis dalam tingkat moralitas bayi: jumlah kematian bayi di bawah 1 tahun per 1.000 kelahiran hidup di tahun setiap
2.4 Pendekatan Interaksionis
Mempelajari peran yang dimainkan oleh Profesional kesehatan
dan pasien. Menegaskan pasien mungkin memainkan peran aktif dalam kesehatan
yang positif atau negatif.
2.5 Pendekatan Labelling
Sebutan sehat dan sakit umumnya melibatkan definisi sosial.
Homoseksualitas dicatat medis sebagai contoh pelabelan dan dapat melihat
berbagai pengalaman hidup sebagai penyakit atau tidak.
2.6 Epidemiologi Sosial dan Kesehata
- Epidemiologi sosial: Studi distribusi penyakit, gangguan, dan status kesehatan umum di seluruh populasi
- Insiden: Jumlah kasus baru gangguan spesifik yang terjadi di dalam populasi tertentu selama periode waktu yang dinyatakan, biasanya satu tahun
- Prevalensi: Jumlah kasus gangguan tertentu yang ada pada waktu tertentu
- Morbiditas: insiden penyakit angka disajikan sebagai tingkat atau jumlah laporan per 100.000 orang
- Tingkat kematian: Insiden kematian pada populasi tertentu
2.7 Kelas Sosial
Orang-orang di kelas bawah memiliki tingkat yang lebih
tinggi dari kematian dan kecacatan:
- Tampak kumulatif
- Kurang mampu membayar perawatan medis yang berkualitas
- Hubungan antara kesehatan dan mobilitas ekonomi
2.8 Ras dan Etnis
Profil kesehatan kelompok ras dan etnis mencerminkan
ketimpangan sosial di AS:
Miskin ekonomi dan kondisi lingkungan diwujudkan dalam
morbiditas dan mortalitas yang tinggi.
Afrika Amerika memiliki tingkat kematian lebih tinggi Meksiko Amerika mungkin menggunakan curanderismo (bentuk
pelayanan kesehatan holistik dan penyembuhan).
2.9 Gender
Wanita mengalami prevalensi lebih tinggi dari banyak
penyakit, tetapi cenderung hidup lebih lama:
- Tingkat yang lebih rendah dari merokok
- Konsumsi alkohol lebih rendah
- Tingkat yang lebih rendah dari pekerjaan di pekerjaan yang berbahaya
- Wanita lebih mungkin untuk mencari pengobatan
2.10 Usia
Kebanyakan orang tua di AS memiliki setidaknya satu penyakit
kronis. Orang tua rentan terhadap jenis masalah kesehatan mental tertentu.
Orang tua menggunakan lebih banyak layanan kesehatan daripada orang yang lebih
muda.
2.11 Penelitian Hari ini
2.11.1 The AIDS Epidemic
Apakah orang yang anda kenal mengambil beberapa risiko
seksual karena bahaya terinfeksi virus AIDS? Jika tidak, mengapa tidak? Selain alasan kemanusiaan jelas, mengapa AS membantu
negara-negara dalam memerangi AIDS?
2.11.2 Medis Apartheid
Apakah Anda tahu siapa saja yang telah mengalami sengaja
inferior atau perawatan medis tidak etis? Faktor-faktor apa yang terlibat? Apa, selain rasisme, mungkin untuk menjelaskan perilaku
dokter? Yang setuju untuk berpartisipasi dalam percobaan yang melanggar sumpah
profesional mereka?
2.12 Perawatan Kesehatan Di Amerika Serikat
Biaya kesehatan telah meroket. Pada tahun 2000, jumlah yang
dibelanjakan untuk perawatan kesehatan yang sama dari yang dihabiskan untuk
pendidikan, pertahanan, penjara, subsidi pertanian, kupon makanan, dan bantuan
asing dikombinasikan.
2.13 Pandangan Sejarah
"Popular Health Movement" Dari tahun 1830-an dan
1840-an. AMA otoritas dilembagakan melalui program pendidikan dan perizinan.
Dengan 1920, dokter dikendalikan teknologi rumah sakit, pembagian kerja dari
tenaga kesehatan, dan profesi kesehatan lainnya.
2.14 Dokter, Perawat, dan Pasien
Dokter memiliki posisi dominan dengan pasien dan perawat:
- Menghasilkan memanusiakan pertemuan dokter-pasien
- Publisitas tentang malpraktek dan biaya medis yang tinggi hubungan lebih tegang
- Interaksi dikontrol dengan perawat
- Semakin, pasien beralih ke media informasi kesehatan
2.15 Alternatif Untuk Kesehatan Tradisional
Setidaknya satu dari tiga orang dewasa di A.S berusaha untuk
mempertahankan baik kesehatan atau menanggapi penyakit melalui teknik perawatan
kesehatan alternatif.
- Pengobatan holistik: Terapi di mana praktisi kesehatan menganggap karakteristik fisik, mental, emosional, dan spiritual seseorang.
3. Lingkungan
Gambar 3. Lingkungan
3.1 Perspektif Sosiologis Tentang Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal orang yang memiliki efek yang
nyata pada kesehatan mereka; peningkatan populasi, bersama-sama dengan
pembangunan ekonomi, memiliki konsekuensi lingkungan yang serius.
3.2 Ekologi Manusia
Ekologi manusia: hubungan timbal balik antara manusia
dan pengaturan tata ruang dan lingkungan fisik. Menekankan trade-off yang melekat dalam setiap keputusan
yang mengubah lingkungan Pembuat kebijakan pemerintah dan lingkungan harus menentukan
bagaimana untuk memenuhi kebutuhan mendesak manusia 'sambil menjaga lingkungan
3.3 Pandangan Konflik dari Lingkungan
Sumber dari negara-negara berkembang didistribusikan ke
negara-negara inti industri
- Modernisasi ekologi: Penyelarasan praktek menguntungkan lingkungan dengan ekonomi kepentingan melalui adaptasi konstan dan restrukturisasi
- Keadilan lingkungan: klaim hukum yang minoritas ras yang tidak proporsional terkena bahaya lingkungan
3.4 Masalah lingkungan
Tiga bidang perhatian:
- Polusi udara
- Polusi air
- Pemanasan Global
3.5 Sosiologi di Komunitas Global
Kejatuhan Misterius dari Nacirema:
- Apakah Anda pernah mengunjungi budaya asing dan dilanda sesuatu yang tampaknya aneh bagi anda, tetapi sangat normal untuk orang lain?
- Jika kita bisa melangkah mundur dan mengambil objektif melihat apa yang kita lakukan dengan lingkungan, akankah perubahan masyarakat kita menjadi lebih baik?
3.6 Dampak Globalisasi
Globalisasi bisa baik dan buruk bagi lingkungan:
- Industrialisasi meningkatnya polusi
- Perusahaan multinasional memiliki insentif untuk hati-hati mempertimbangkan biaya sumber daya alam
- Pengungsi lingkungan adalah salah satu refleksi dari interaksi antara globalisasi dan lingkungan
3.7 Environmentalisme
Melihat Isu:
- 1970: 25 juta orang ternyata mengamati pertama Hari Bumi?
- Warga berbaris atas nama penyebab lingkungan tertentu
- Kongres mendirikan EPA
- Udara bersih, air bersih, dan spesies Endangeredbertindak diikuti
- Hari Bumi sekarang berada di kalender Dewan kota, kebun binatang, dan museum di seluruh dunia
- Meningkatkan upaya untuk mempublikasikan kekhawatiran beralih ke Internet
- Masyarakat umum telah dicampur reaksi terhadap isu lingkungan
- Organisasi lingkungan terbesar menjadi semakin birokrasi
Penerapan Sosiologi:
- Permasalahan yang paling kuat lingkungan organisasi didominasi putih, didominasi laki-laki, dan makmur
- Perspektif konflik: organisasi besar menerima dana dari perusahaan-perusahaan yang kuat termasuk perusahaan minyak dan kimia
- Gerakan lingkungan terangsang resistensi
Inisiatif Kebijakan:
- Kemerosotan ekonomi tahun 2008 berkat pencampuran
- Berkurangnya penggunaan bahan bakar fosil
- Dana yang ditetapkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan green-collar
- Environmentalisme pindah ke tahap yang lebih besar
sumber:
Binusmaya Pertemuan ke – 9. (13-14 May 2015) GSLC.Human Life
Domains 2: Education, Health, and Environment. Copyright 2002 by The
McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar