1. TEORI PERUBAHAN SOSIAL
1.1. Teori
Evolusi
Memandang masyarakat sebagai bergerak ke arah yang pasti,
umumnya maju ke keadaan yang lebih tinggi. Comte melihat masyarakat manusia
sebagai bergerak maju dalam pemikiran mereka dari mitologi dengan metode
ilmiah. Durkheim dipelihara masyarakat berkembang dari yang sederhana sampai
bentuk yang lebih kompleks organisasi sosial
1.2. Teori
Fungsionalis
- diferensiasi
- upgrade adaptif
- penyertaan
- nilai generalisasi
1.3. Teori
Konflik
1.4. Perubahan
Sosial Global
1.5. Resistensi
terhadap Perubahan Sosial
- Faktor ekonomi dan Buday
- Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial cenderung untuk bertemu dengan resistensi
- Vested Interest: orang atau kelompok yang akan menderita dalam hal perubahan sosial
- Lag Culture: periode ketidakmampuan ketika budaya nonmaterial masih berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru.
1.6. Resistensi
terhadap Teknologi
Luddites adalah menanggapi Revolusi Industri, beberapa
kelompok menggerebek pabrik dan mesin hancur. Sama seperti Luddites menolak
Revolusi Industri, beberapa orang menolak ekspansi pasca industrialisasi
1.7. Teknologi
dan Masa Depan
1.7.1. Teknologi
komputer
Dekade terakhir menyaksikan ledakan teknologi komputer di
Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Perkiraan mengatakan Internet mencapai
1,1 miliar orang. Tidak semua orang bisa mendapatkan ke jalan raya informasi,
terutama tidak kurang makmur.
1.7.2. Privasi
dan Sensor dalam Global Village
1.7.3. Bioteknologi
- Pemilihan jenis kelamin janin
- Kloning domba dan sapi
- Rekayasa Genetika: dapat memungkinkan untuk mengubah hewan dan perilaku manusia. Perdebatan tentang rekayasa genetika meningkat ketika para ilmuwan di Skotlandia kloning domba. Kontroversi tumbuh lebih rekayasa genetika (GM) makanantransnasional
1.8. Kebijakan
Sosial dan Perubahan Sosial
1.8.1. Masalah
2. MEDIA MASSA
- Perspektif sosiologis Media
- Penonton
- Industri Media
- Kebijakan Sosial dan Media Massa
- Perspektif sosiologis Media
2.1. Pandangan
Fungsionalis
2.1.1. Media
- Sosialisasi kami
- Menegakkan norma-norma sosial
- Status berunding
- Promosikan konsumsi
- Terus kita diberitahu tentang lingkungan kita
- Dapat bertindak sebagai narkotika
2.1.2. Agen
Sosialisasi
- Media meningkatkan kohesi sosial dengan menghadirkan pandangan umum dari budaya
- Memberikan pengalaman kolektif untuk anggota masyarakat
- Efek sosialisasi dapat mempromosikan pertukaran agama serta patriotik, menyatukan orang-orang percaya di seluruh dunia
- Efek sosialisasi media berarti pemrograman dapat dengan mudah menjadi kontroversial
SUMBER :
Binusmaya Pertemuan ke – 11. (28-29 May 2015) F2F.Globalization,
Technology, Mass Media, and Social Change.Copyright 2002 by The McGraw-Hill
Companies, Inc. All rights reserved.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar