1. Teori Perilaku
Kolektif
Perilaku kolektif adalah relatifnya spontan dan tidak
terstruktur dari perilaku sekelompok orang yang berekasi terhadap pengaruh umum
dalam situasi ambigu (Smelser).
2. Muncul Perspektif
Norma
3. Perspektif Nilai
Ditambahkan
- Kondusifitas struktural
- Keyakinan umum
- Faktor pencetus
- Mobilisasi untuk tindakan
- Latihan control social
4. Perakitan Perspektif
- Majelis Non-periodik : Meliputi demonstrasi, pawao, dan pertemuan di acara-acara seperti kebakaran dan penangkapan
5. Crowd
Crowd adalah pengelompokkan sementara orang didekat yang
berbagi focus umum atau kepentingan.
- Tidak benar-benar kurang dalam struktur
- Bahkan selama kerusuhan, peserta diatur oeh norma-norma social diindentifikasi dan menunjukkan pola yang pasti dari perilaku
- Perspektif muncul-norma menunjukkan norma social baru yang diterima
- Diambil pada arti baru dengan internet
6. Perilaku Disaster
- Studi kasus : runtuhnya World Trade Center dan Badai Katrin
- Ditandai banyak keunggulan dan pemulihan bencana
- Bahkan dalam bencana yang tak terbayangkan, orang-orang dan organisasi merespon dengan cara memprediksi
7. Mode dan Fashions
- Mode : Pola sementara perilaku yang melibatkan banyak orang
- Fashions : Massa keterlibatan menyenangkan yang menampilkan penerimaan oleh masyarakat dan kesinambungan historis
8. Panic dan Craze
- Panic : Gairah takut atau kolektif berdasarkan keyakinan umum yang mungkin atau mungkin tidak akurat
9. Rumor
10. Publik dan Opini Publik
- Opini Publik : Ekspresi sikap mengenai masalah-masalah kebijakan public yang disampaikan kepada pengambil keputusan
11. Gerakan Sosial
Gerakan social diselenggarakan sebagai kegiatan kolektif
untuk membawa atau menolak perubahan dalam kelompok masyarakat.
- Gerakan social telah dramatis berdampak pada jalannya sejarah dan evolusi struktur social
- Fungsionalis : berkontribusi pada pembentukkan opini publis
- Semakin mengambil dimensi internasional
Binusmaya Pertemuan ke – 13. (11-12 June 2015) F2F. Collective
Behavior and Social Movements. Copyright 2002 by The McGraw-Hill
Companies, Inc. All rights reserved.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar